KEJAKSAN -Wakil Wali kota akan terus mendorong kegiatan peningkatan literasi di Kota Cirebon. Literasi tak mengenal sekat dan batasan apa pun.
Demikian dikatakan oleh Wakil Wali Kota Cirebon, Dra. Hj. Eti Herawati saat menghadiri Pemberian Hadiah Lomba Baca Puisi Daring Tingkat RA/MI/MTs/MA se Kota Cirebon dalam rangka Hari Guru Nasional tahun 2020, Rabu (25/11)

“Saya sebagai bunda literasi sangat mengapresiasi kegiatan keluarga besar madrasah se-Kota Cirebon,” kata Eti.
Hari guru yang diperingati tahun ini dilakukan dengan kegiatan yang positif. “Apalagi saat ini tengah terjadi pandemi Covid-19. Namun tidak menghalangi kreativitas,” ungkap Eti.

Lomba baca puisi yang diselenggarakan secara daring diyakini Eti mampu meningkatkan semangat anak-anak didik di masa pandemi Covid-19. Selanjutnya Eti juga berkeinginan agar seluruh madrasah di Jawa Barat bisa melakukan lomba yang sama.

“Tema nya juga bisa mengenai keagamaan dan spiritual, Ini membuktikan bahwa literasi tidak mengenal sekat dan batas. Bahkan dengan literasi akan membuka mata seseorang untuk melihat dunia yang luas,” tuturnya

Sementara itu ketua PGM Kota Cirebon, Ahmad Sujaenudin, A.M.a., menjelaskan bahwa total ada 400 peserta yang mengikuti lomba puisi secara daring.  “Terdiri dari berbagai tingkatan. Mulai RA, MI, MTs dan MA se Kota Cirebon,” kata Ahmad.

Sedangkan untuk final, terdiri dari 15 orang dan diambil 6 orang sebagai juara. “Untuk final memang dilakukan secara tatap muka. Namun protokol kesehatan di masa pandemi Covid-19 tetap kita jalankan dengan ketat,” ungkapnya

Selain untuk siswa, juga ada lomba literasi mendongeng untuk guru. Menurut Ahmad, kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka memperingati hari guru.

“Alhamdulillah, sekalipun saat ini tengah pandemi Covid-19, namun kreativitas kita tidak berkurang, bahkan mereka juga gembira karena sebagai bunda literasi, Wakil Wali Kota Cirebon mendukung penuh kegiatan ini bahkan akan diteruskan hingga tingkat Jawa Barat,” tandasnya