CIREBON-Banjir yang melanda di Kecamatan Suranenggala mendapat perhatian dari anggota Komisi V DPR RI, H Dedi Wahidi. Bersama Tim BBWS Cimanuk Cisanggarung, Kadis PUPR Kabupaten Cirebon didampingi Camat Suranenggala Indra Fitriani dan Kuwu Desa Suranenggala Kulon Kasmad, H Dedi Wahidi memeninjau Sungai Winong atau Karangsambung, Sabtu (23/1/2021).

Kuwu Desa Suranenggala Kulon Kasmad mengatakan, kedatangan Dedi Wahidi anggota Komisi V DPR RI beserta Tim BBWS Cimanuk Cisanggarung dan Kadis PUPR bertujuan mencari penyebab terjadinya banjir.

“Jadi rombongan tadi meninjau kondisi Sungai Winong atau Karangsambung yang airnya sempat meluap. Dan tadi mereka bersepakat untuk melakukan normalisasi Sungai Winong ini, pelaksanaannya masih dalam perencanaan. Saya belum tahu kapan akan dilaksanakan, cuma yang menjadi kendala yaitu banyaknya bangunan permanen berdiri di bantaran sungai sehingga agak sulit untuk dilaksanakan normalisasi,”katanya

Jika tidak adanya kesadaran warga yang rumahnya berada di bantaran sungai, Kuwu menyebutkan, lebih baik dibuat senderan sungai.

“Nah kalau pengurasan bisa dilakukan dengan cara apung artinya kita ambil tanahnya, kemudian diangkut dengan mobilisasi lalu dibuang banyak tanahnya yang membutuhkan,”tuturnya.

Kuwu Kasmad juga menjelaskan bahwa dirinya telah melarang Masyarakat untuk mendirikan bangunan permanen di bantaran sungai.

“Saya tidak memberikan izin dan tidak mengizinkan masyarakat untuk membangun bangunan permanen di bantaran sungai. Hadirnya bangunan permanen di bantaran sungai itu karena kehendak masyarakat masing-masing,”jelasnya