KABUPATEN CIREBON (CU)-Lahan yang kurang produktif di Desa Jatipancur, Kecamatan Greged, Kabupaten Cirebon kini ditanami pohon-pohon pisang. Setiadaknya seluas sembilan hektar lahan bengkok perangkat desa dan kepala desa yang kini sudah ditanami pohon pisang.

Perkebunan pisang ini memiliki potensi yang cukup besar karena pangsa pasar di wilayah kabupaten serta daerah lainnya membutuhkan buah pisang, bahkan jika di rata-rata perharinya ada puluhan ton pisang yang masuk ke wilayah ini.

Kuwu Desa Jatipancur, Wawan Suhandi mengatakan, perkebunan pisang mendukung pemberdayaan ekonomi kecil.

“Rencananya, perkebunan pisang ini akan dikelola oleh Badan Usaha Milik Desa (Bumdes), serta hasil perkebunan pisang ini tidak semuanya dijual, melainkan sebagian akan diolah untuk pemberdayaan ekonomi kecil,”ujarnya.

Sementara itu, Ketua BPD Jatipancur Dewi Widi Astuti didampingi Ketua Bumdes Pancur Jaya, Maladi mengatakan, selain ditanami pisang, di lahan tersebut juga ditanami tanaman tumpang sari.

“Lahan ini selain ditanami pisang jika faktor cuaca mendukung, juga akan ditanami tanaman lain tumpang sari, yaitu berupa kacang tanah, sehingga nantinya tingkat perekonomian di desa bisa lebih berkembang dan jauh lebih baik,”jelasnya.