KOTA CIREBON (CU)– Guna mencegah adanya pemudik yang datang dari Jakarta ke wilayah Cirebon dan sekitarnya, pihak otoritas Terminal Harjamukti Kota Cirebon, menghentikan sementara aktifitas di dalam terminal. Langkah tersebut diambil menyusul adanya Surat Edaran yang dikeluarkan pemerintah pusat berisi tentang larangan mudik lebaran pada tanggal 6 sampai 17 Mei 2021.

Hal ini dikatakan, Kepala Terminal Type A Harjamukti Cirebon, Komarudin, kepada wartawan melalui sambungan seluler.

“Seperti tahun sebelumnya di Terminal Harjamukti jelang mudik ini tidak akan mengadakan operasional, karena semua nya sudah satu intruksi dari pusat tidak boleh beroperasi serentak,” katanya.

Setelah ada larangan mudik dari pemerintah pusat, pihak nya akan menutup sementara terminal tersebut. Adapun mulai penutupannya pihaknya menunggu arahan dari pusat.

“Untuk penutupan sementara terminal, saya nunggu intruksi dulu dari pusat atau balai. Intinya penutupan terminal ini akan serentak,” ujarnya.

Antisipasi adanya lonjakan pemudik, yang transit di Terminal Harjamukti, kata Komar dari setiap PO bus, telah menyediakan travel dengan tujuan jarak jauh.

“Biasanya PO Bus menyediakan travel, tapi itu juga tidak banyak, travel jarak jauh ini, yang menyiapkan masing-masing PO Bus,” ungkapnya.

Sementara, Koordinator Lapangan Terminal Harjamukti Didi Karyadi, memastikan, selama ini, tidak ada lonjakan penumpang mudik yang sangat siginifikan. Ia presentasikan, hanya 20-40 persen angka mudik di Kota Cirebon.

“Di Cirebon lonjakan penumpang standar saja, dalam keadaan normal saja, tidak ada lonjakan yang sangat siginfikan, apalagi selama pandemi. Kalau dipresentasikan hanya capai 20-40 persen,”kata Didi

Lanjut Didi, lonjakan yang sangat tinggi, di Cirebon pada saat arus balik. Di Cirebon belum pernah ada lonjakan mudik, meskipun dalam situasi dan kondisi normal dalam hal ini, tidak ada pandemi.

“Justru Lonjakkan di terminal Harjamukti ketika arus balik, biasanya dua hari setelah lebaran arus balik di teminal Harjamukti Cirebon melonjak,” pungkas Didi.

(al / jhon)