KOTA CIREBON (CU)-Kantor perwakilan Bank Indonesia Cirebon Jawa Barat, menyiapkan kebutuhan uang untuk bulan ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri tahun ini sebanyak Rp 5,7 triliyun rupiah. Penukaran uang tersebar tersebar di 174 titik se-wilayah Ciayumajakuning dengan penerapan protokol kesehatan.

BI Cirebon memastikan kebutuhan uang baru di bulan ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri 2021 aman, di kantor perwakilan BI Cirebon memiliki kas sebanyak Rp 5,7 triliun rupiah.

Estimasi kebutuhan uang baru pada ramadhan dan lebaran tahun ini sebesar Rp 2,5 triliun, jumlah itu diprediksi tidak jauh berbeda dengan tahun 2020 lalu.

Kepala BI KPW Cirebon Bhakti Artanta, menjelaskan saat ini Bank Indonesia tidak menyelenggarakan penukaran uang langsung kepada masyarakat, karena masih kondisi pandemi Covid-19.

Masyarakat dapat menukarkan uang baru di 174 titik bank umum dan BPR yang telah bekersama dengan BI di wilayah Ciayumajakuning, titik tersebut tidak hanya menjangkau masyarakat di pusat kota, melainkan hingga plosok desa.

“Dimasa pandemi, masyarakat yang ingin melakukan penukaran dihimbau untuk selalu menerapkan protokol kesehatan Covid-19,” jelasnya.

(amung / jhon)