MAJALENGKA (CU)-Tersangka kasus dugaan korupsi Perusahaan Daerah Sindangkasih Multi Usaha (PDSMU) Majalengka, Junaedi, akan segera menjalani sidang di Pengadilan Tipikor Bandung. Bekas Dirut PDSMU itu terjerat kasus korupsi senilai Rp 1,99 miliar.

“Berkas telah lengkap atau P21,” ujar Kepala Seksi Pidana Khusus (Kasi) Pidsus Kejari Majalengka, Guntoro J Saptodie, Rabu (28/4).

Menurutnya, berkas perkara termasuk barang bukti perkara akan dilimpahkan ke Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) pada Pengadilan Negeri (PN) Kelas 1A Khusus Bandung.

Sebelumnya, jaksa telah melakulan penahanan terhadap tersangka pada 30 Maret silam. Selain itu, 9 April lalu jaksa penyidik menyita aset tersangkaberupa tanah dan bangunan yang terletak di Jalan Raya Majalengka-Cirebon.

“Penyitaan aset ini sebagai barang bukti agar tidak dipindah tangankan. Selanjutnya untuk menentukan harga aset tersebut akan dimintakan penaksiran ke kantor jasa penilai,” tutur Guntoro.

Sementara dari hasil audit kerugian negara yang dilakukan oleh BPKP Jawa Barat, terdapat kerugian negera sebesar Rp1,99 miliar. Penyidik tindak pidana khusus Kejari Majalengka telah menyita uang tunai sebesar Rp650.700.000.

(Jejep / jhon)