KABUPATEN CIREBON (CU)- Hari Kartini merupakan momentum yang diperingati pada 21 April tiap tahunnya.

Hari itu bertepatan kelahiran Pahlawan Nasional, Raden Ajeng Kartini atau RA Kartini.

Peringatan Hari Kartini ini ditetapkan melalui Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 108 Tahun 1965 tertanggal 2 Mei 1964.

RA Kartini merupakan tokoh pelopor perjuangan perempuan di Indonesia.

Seluruh kalangan masyarakat memperingati haril kelahiran RA Kartini melalui berbagai cara.

Namun ada yang menarik pada peringatan Hari Kartini di Kecamatan Suranenggala Kabuapten cirebon ini

Puluhan perempuan di daerah ini memperingati momentum itu dengan menanam mangrove di bibir pantai muara.

Penanaman mangrove dilakukan di Desa Muara Kecamatan Suranenggala kabupaten cirebon
Rabu (21/4/2021).

Kegiatan Tersebut sebagai bentuk dukungan PT. Sumber Alfaria Trijaya Tbk pada pelestarian lingkungan di seluruh indonesia Khususnya di wilayah kecamatan suranenggala yang wilayah nya sebagian besar dekat pesisir pantai guna mencegah abrasi.

Peserta penanaman mangrove, Indra Fitriani Yang sekaligus Camat Suranenggala, Dirinya sangat senang dapat mengambil bagian dalam kegiatan tersebut.
Ia sangat bangga dapat berpartisipasi menjadi perempuan yang peduli akan lingkungan.

“Saya sangat senang bisa melakukan penanaman mangrove, karena inilah bentuk dukungan kita pada pelestarian lingkungan,” ujar Fitri Rabu (21/4/2021) pada cirebonupdate.com.

Selain penanaman pohon, pada peringatan Hari Kartini ini, perempuan di suranenggala juga membersihkan Bibir pantai muara

Aksi peduli lingkungan dalam rangka Hari Kartini ini merupakan agenda yang dilaksanakan oleh PT.Sumber Alfaria Trijaya Tbk.dengan pemeeintah kecamatan suranenggala

Budi santoso Brank manager jabar PT.Sumber Alfaria trijaya menyampaikan, kegiatan penanaman mangrove ini adalah bentuk kepedulian kami terhadap Lingkungan di Hari Kartini ini sekaligus momentum peringatan Hari Bumi se Dunia.

“Tentunya sangat tepat dengan kegiatan penanaman 1000 pohon sebagai bentuk cinta kita pada alam,” ucap Budi

Menurut budi Agenda sperti ini di laksanakan serentak di seluruh wilayah indonesia Bahkan akan dijadikan agenda tahunan.

“Kedepannya kita akan rutin melakukan penanaman seperti ini, apalagi hari ini pas Hari Kartini, jadi sangat pas,” pungkasnya

(riant subekti / jhon)