KABUPATEN CIREBON (CU)-Polresta Cirebon menggelar Operasi Keselamatan Lodaya 2021 mulai hari ini dalam rangka menindaklanjuti larangan mudik Hari Raya Idul Fitri dan upaya pengendalian penyebaran Covid-19.

Kapolresta Cirebon, Kombes Pol M. Syahduddi, S.I.K, M.Si, mengatakan, operasi tersebut dilaksanakan mulai tanggal 12 sampai dengan 25 April 2021. Ada beberapa sasaran dalam Operasi Keselamatan Lodaya 2021, , Senin (12/4/2021).

Di antaranya, memutus mata rantai penyebaran Covid-19, mencegah terjadinya kerumunan massa, memastikan kelancaran dan keselamatan lalu lintas yang lebih baik, serta mencegah masyarakat untuk melaksanakan mudik Lebaran tahun 2021.

“Saya mengharapkan agar personel yang terlibat operasi ini bisa mensosialisasikan secara masif tentang larangan mudik, mengedukasi tentang protokol kesehatan dan tertib berlalu lintas,” ujar Kombes Pol M. Syahduddi, S.I.K, M.Si, saat ditemui usai memimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Keselamatan Lodaya 2021 di Mapolresta Cirebon.

Syahduddi berpesan agar para personel bisa memberikan pelayanan kepada masyarakat seperti pembagian masker dan pelaksanaan swab antigen gratis selama Operasi Keselamatan Lodaya 2021. Selain itu, yang terpenting adalah melaksanakan manajemen rekayasa lalu lintas dalam mempersiapkan masyarakat yang memaksa akan mudik.

Agar tujuan pelaksanaan operasi, yaitu meningkatnya kepatuhan masyarakat terhadap protokol kesehatan dan tertib berlalu lintas serta larangan mudik tercapai. Karenanya, apel gelar pasukan kali ini dimaksudkan untuk mengecek kesiapan para personel.

Ia mengatakan, Operasi Keselamatan Lodaya 2021 mengedepankan langkah preentif dan preventif disertai penindakan hukum secara selektif prioritas. Sehingga terwujudnya kesadaran dan kepatuhan masyarakat terhadap protokol kesehatan serta tertib dalam berlalu lintas.

“Kami berharap masyarakat dapat mematuhi peraturan lalu lintas karena untuk kepentingan bersama di jalan raya dan disiplin menerapkan protokol kesehatan untuk menekan penyebaran Covid-19 di Kabupaten Cirebon,” kata Kombes Pol M. Syahduddi, S.I.K, M.Si.

Operasi Keselamatan Lodaya 2021 juga bakal melibatkan unsur terkait lainnya dari mulai Kodim 0620/Kabupaten Cirebon, Dishub Kabupaten Cirebon, Satpol PP Kabupaten Cirebon, Dinkes Kabupaten Cirebon, dan lainnya.

(arifin / jhon)