INDRAMAYU (CU) – Masjid Kuno Bondan menjadi masjid tertua yang ada di Kabupaten Indramayu. Masjid ini dibangun pada tahun 1414 masehi oleh Syekh Datuk Kahfi atau yang juga familiar dikenal dengan sebutan Syekh Nurjati dalam waktu satu malam.

Namun, masyarakat setempat, disebutkan Nudiyalis Sholat lebih mengenalnya dengan julukan Syekh Bayanillah karena letak lokasi masjid yang berada di bantaran Sungai Cimanuk.

Uniknya, Masjid Kuno Bondan ini usianya bahkan lebih tua dari usia Kabupaten Indramayu sendiri, yang lahir pada tanggal 7 Oktober 1527.

Atau dengan kata lain, Masjid Kuno Bondan ini sudah ada 113 tahun lebih dahulu dari Kabupaten Indramayu.

Usianya bahkan lebih tua dari Hari Jadi Kabupaten Cirebon yang lahir pada 2 April 1482.

“Iya ini bangunan pertama, sebelum ada Cirebon juga di sini dulu,” ujar salah satu pengurus Masjid Kuno Bondan, Nudiyalis Sholat (26), Minggu (18/4/2021).

Nudiyalis Sholat menyampaikan, kemungkinan Masjid Kuno Bondan dahulunya masuk ke dalam Kerajaan Pajajaran.

Menurut cerita sejarah yang berkembang di masyarakat setempat, dahulu Prabu Siliwangi pun pertama kali bertemu dengan Nyai Subang Larang di tanah Bondan.

Masih dijelaskan Nudiyalis Sholat, diketahuinya Masjid Kuno Bondan ini dibangun ialah dari momolo yang berada pada kubah masjid, pada momolo itu tertera tahun 1414 Masehi.

Ia juga mengatakan, ada salah satu ulama asal Kabupaten Indramayu yang pernah melakukan uji coba terhadap bangunan Masjid Kuno Bondan.

Saat itu ia membawa serpihan kayu pada pintu masuk masjid yang berukuran 9×9 meter itu untuk dilakukan uji laboratorium.

Hasilnya, disampaikan Nudiyalis Sholat, kayu pada bangunan Masjid Kuno Bondan berusia 1.300 masehi.

“Kata beliau, bahkan tahun 1400-an itu masuk zamannya Syekh Alimudin, muridnya syekh Bayanillah atau Syekh Datuk Kahfi, karena kayu pintu itu saat di uji laboratorium sudah ada sejak 1.300,” ujar dia.

Sementara itu, Kasi Cagar Budaya dan Permuseuman Disbudpar Kabupaten Indramayu, Tinus Suprapto juga mengakui bahwa Masjid Kuno Bondan usianya memang lebih tua dari Kabupaten Indramayu.

Pasalnya, dahulu Kabupaten Indramayu hanya mencakup wilayah yang sekarang menjadi Kecamatan Indramayu dan Sindang sebelum sekarang mencakup sebanyak 31 kecamatan.

“Makanya Masjid Kuno Bondan ini lebih tua dari Indramayu padahal masuk wilayah administratif Indramayu,” ujarnya.

 

(ali s / jhon)