CIREBON TIMUR (CU)-Terobosan baru dan layak mendapatkan apresiasi untuk Pemerintah Desa Sarajaya Kecamatan Lemahabang, pasalnya Pemdes Sarajaya tengah terus memaksimalkan berbagai ketentuan-ketentuan yang ada pada Program PPKM Skala Mikro dengan maksimal.

Melalui Sumber Anggaran Dana Desa Tahun 2021 sebesar 8%, Pemerintah Desa Sarajaya pun terus mendorong Program Pemerintah Pusat tersebut dengan mendirikan beberapa Posko Terpadu PPKM Skala Mikro di masing-masing RT dan RW yang ada di wilayah desanya.

Selain itu, Pemdes Sarajaya juga telah menyediakan Ruang Isolasi khusus berikut sarana prasarana bagi warga yang terpapar Covid-19. Dimana dalam memaksimalkan Program PPKM Skala Mikro ini, Pemdes Sarajaya membentuk Tim Khusus yang melibatkan Babinsa, Babinkamtibmas, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Adat, Tokoh Pemuda, Pengurus, Pendamping, Tenaga Kesehatan, Relawan, PKK dan Karang Taruna.

Kuwu Desa Sarajaya, Rudiyana menjelaskan, PPKM Skala Mikro merupakan program kebijakan pemerintah pusat yang dilaksanakan hingga di wilayah desa sebagai langkah menekan angka kasus Covid-19 dan melandaikan kurva sebagai pra-syarat utama keberhasilan dalam penanggulangan Covid-19. Tentunya untuk mencapai tujuan tersebut perlu adanya sinergi dengan semua unsur terkait serta persiapan skenario pengendalian dengan titik tekan pada level terkecil hingga di tingkat RT/ RW.

”Beberapa Posko Terpadu di setiap RT dan RW sudah kami dirikan, kami siapkan juga ruang isolasi, penyediaan masker, hand sanitizer dan suplemen vitamin,” jelasnya.

Rudiyana pun menambahkan, dengan dilaksanakannya Program PPKM Skala Mikro ini juga pasalnya dapat memaksimalkan 3T (Testing, Tracing, Treatment) dalam antisipasi menghadapi sebuah kasus. Isolasi pasien Covid-19 dan Karantina bagi kontak erat, dan pembatasan mobilitas, pergerakan serta penyaluran bantuan. Bahkan, upaya sterilisasi lingkungan desa pun terus dilaksanakan dengan melakukan penyemprotan desinfektan untuk meminimalisir dan mencegah kasus Covid-19.

”Kami juga sudah persiapkan Tim Posko PPKM dengan melibatkan berbagai unsur. Selain itu, dalam anggaran PPKM kami berikan.pula bantuan paket sembako kepada keluarga terdampak atau keluarga yang terpapar positif Covid-19,” ungkapnya Rabu 7/4/2021.