KABUPATEN CIREBON (CU)-Pemerintah Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, menggelar Pertemuan Teknis dan Sosialisasi Kegiatan Perencanaan Terpadu Kesehatan Ibu dan Anak di Hotel Patra, Jalan Tuparev, Kecamatan Kedawung, Selasa (6/4/2021).

Wakil Bupati Cirebon Hj.Wahyu Tjiptaningsih, SE.,M.Si menyebutkan, dalam pertemuan tersebut membahas, salah satunya upaya menekan jumlah angka kematian ibu (AKI) dan angka kematian anak (AKA).

Dalam upaya menekan angka tersebut, pemerintah daerah bakal mengeluarkan sejumlah inovasi program untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

Wakil bupati menyebutkan, kesehatan ibu dan anak di Kabupaten Cirebon sebenarnya sudah dipantau oleh para kader PKK. Namun dengan adanya kegiatan ini, pemberdayaan akan lebih dimaksimalkan.

Praktisi dari FKM Universitas Diponegoro Dra. Ayun Sritami, M.Kes menyebutkan, dalam upaya meningkatkan kesehatan masyarakat ini perlu adanya dukungan anggaran dari dana desa di setiap wilayah.

Namun begitu, perlu juga adanya dukungan dari masyarakat, sehingga upaya ini bisa terus ditingkatkan dan Kabupaten Cirebon menjadi kota paling sehat.

“Nantinya tinggal diperkuat oleh pimpinan daerah. Meskipun begitu, ini tidak mungkin menekan sampai nol, setidaknya menurun,” tambahnya