KOTA CIREBON (CU) — Ketua Komisi III DPRD Kota Cirebon, Tresnawati, menyebutkan alat Swab Test Antigen bisa digunakan kembali alias bisa didaur ulang, namun ia menjelaskan hanya cotton buds pada stick atau brushnya saja.

Diketahui, baru-baru ini polisi mendapati alat test antigen bekas, digunakan kembali oleh tim petugas kesehatan di bandara Kualanamu, Medan.

“Jadi test Swab itu batangnya bisa digunakan lagi kecuali kapasnya, batangnya ini di sterilkan dulu, batangnya itu plastik bisa didaur ulang, tapi harus dengan standar sterilisasi,” jelasnya.

Masih dikatakan Tresna, jika dilakukan standarisasi oleh badan tertentu seperti Kimia Farma itu diperbolehkan, untuk dilakukan daur ulang stick dari alat test antigen.

“Mungkin ditemukan cara yang tidak sesuai maka dilakukan penindakan, yang jelas tidak semua badan bisa melakukan sterilisasi stick alat Swab Test,” ujarnya.

Menurut Tresna, alat Swab Test yang sudah digunakan bila tidak dengan sterilisasi yang benar maka akan menimbulkan dampak buruk bagi yang menggunakannya.

(al / jhon)