KABUPATEN CIREBON (CU)- Masyarakat Kecamatan Mundu, Kabupaten Cirebon, pada Sabtu (22/5/2021) bertepatan dengan tanggal 10 Syawwal 1442 H, melaksanakan kegiatan Haul Ki Gede Mundu (Syekh Mudarim), Pangeran Brata Kelana ( Ing Seda Larutan) dan Mbah Syekh Kilobama (Syekh Abdur Rahman Al Baghdadi).

Turut hadir dalam kesempatan tersebut, para Mama Raden dari Keraton Kanoman, para ulama, tokoh masyarakat dan para Kuwu se Kecamatan Mundu serta camat beserta unsur Muspika Kecamatan Mundu.

“Alhamdulilah pada hari ini, kami bisa melaksanakan kegiatan Haul Ki Gede Mundu yang sudah di selenggarakan secara rutin setiap tahun, dan kami melihat antusias masyarakat yang berbondong-bonding dalam kegiatan tersebut menuju Makbaroh Kilobama,” ujar Anwar Sadat, Camat Mundu kepada awak media.

Dikatakan Anwar, acara diawali dengan doa bersama di Makbaroh Kilobama, dilanjut dengan Tausiah oleh K.H. Hasan Wahyudin (dari Arahan-Indramayu).

“Haul adalah salah satu tradisi orang Islam, untuk mengenang leluhur, dab kegiatan haul semcam ini terus dilakukan untuk mengenang leluhur kita dan memperkenalkan nya kepada anak cucu kita,” katanya.

Makbaroh Kilobama ini, menurut Anwar, lagi dalam proses penelitian terkait masuk dalam Cagar Budaya, semoga tidak lama lagi Makbaroh ini masuk bisa masuk Cagar budaya.

“Akan menjadi kebanggan tersendiri bagi masyarakat Mundu jika makbaroh ini bisa masuk dalam Cagar budaya, sehingga situs ini nantinya akan terawat dan terlestari sebagi wisata Religi yang ada di Kecamatan Mundu,” tandasnya

Editor : Jhon