KOTA CIREBON (CU) – Warga lanjut usia (lansia) di Kelurahan Kasepuhan serta Kesunean mendapatkan vaksinasi gratis dari UPT Puskesmas Kesunean bekerjasama dengan Forum Lingkungan Hidup dan Budaya Nuswantara Cirebon di Posko Peduli Covid-19 Jalan Alun-alun Timur, Kota Cirebon. Selasa (15/6/2021)

Kepala Puskesmas Kesunean drg. Andy B. Setiadi mengatakan pihaknya mengharapkan peran serta dari seluruh elemen mansyarakat.

“Pemerintah mengharapkan peran serta LSM, Organisasi Masyarakat, Komunitas atau lainnya guna menyukseskan program vaksinasi Covid-19. Peran serta LSM, organisasi masyarakat maupun komunitas yang bisa mengordinir masyarakat, sangat kami harapkan untuk membantu,” ujarnya.

Drg Andy juga menyampaikan, sasaran vaksinasi adalah untuk pra lansia dan juga lansia.

“Target dari kami adalah 50 orang, tapi kalau ada lebih dari itu juga boleh,” tuturnya

Andy juga menyampaikan, sasaran yang mendapat vaksin bukan hanya mereka yang tinggal atau berdomisili di wilayah Puskesmas Kesunean saja.

“Yang penting warga tersebut domisilinya atau memiliki KTP Kota Cirebon dan belum pernah divaksinasi,” tukasnya.

Disisi lain, Sekretaris Jenderal (Sekjen) Forum Lingkungan Hidup dan Budaya Nuswantara Cirebon, Prabu Diaz mengungkapkan, selain UPT Puskesmas Kesunean juga menggandeng Tim Aksi Cepat Tanggap (ACT) Cirebon dan Masyarakat Relawan Indonesia (MRI).

“Kami senang bisa membantu pemerintah yaitu Dinas Kesehatan Kota Cirebon untuk mengajak masyarakat agar mau di vaksin dan berharap Covid-19 segera berakhir,” ucapnya

Prabu Diaz juga menyebutkan, jumlah sasaran yang telah mendaftar sebanyak 98 orang secara online.

“Sementara yang datang dan mendaftar langsung hati ini, ada 67 orang. Vaksinasi gratis ini merupakan inisiatif Forum Lingkungan Hidup dan Budaya Nuswantara untuk membantu pemerintah dalam kegiatan vaksinasi ini bermula dari banyaknya masyarakat yang bertanya-tanya tentang vaksin Covid-19. Melihat kondisi tersebut akhirnya kami berinisiatif bekerjasama dengan pemerintah untuk menggelar vaksinasi gratis hari ini,” imbuhnya.

Dalam vaksinasi tersebut, seorang WNA asal Afrika Selatan juga turut serta mengikuti program vaksinasi tersebut.

Editor : Jhon