INDRAMAYU (CU) – Berbagai antisipasi disiapkan penyelenggara guna menghindari kejadian yang tidak diinginkan pasca-Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) atau Pilwu Serentak 2021 di Kabupaten Indramayu.

Kasi Administrasi dan Aparatur Pemerintahan Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Indramayu, Erwin Pujadi mengatakan, pihaknya pun akan melakukan monitoring ke lapangan secara langsung.

“Untuk sejauh ini, kondisi masih kondusif. Insya Allah mudah-mudahan sampai selesai juga tetap kondusif,” ujar dia, Kamis (3/5/2021).

Selain mengantisipasi adanya gangguan keamanan, diketahui juga pemerintah sudah menyiapkan penanganan khusus bagi calon yang mengalami depresi karena kalah dalam Pilkades.

Erwin Pujadi mengatakan, penanganan tersebut akan dilakukan oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Indramayu.

Seperti diketahui, di RSUD Indramayu terdapat ruang poli jiwa.

Ruang tersebut gunakan untuk merawat pasien yang mengalami depresi.

Pada pelaksanaan Pilkades Serentak 2021, poli jiwa ini juga akan dikhususkan untuk menangani calon kepala desa yang mengalami depresi.

Kepala Dinkes Kabupaten Indramayu, Deden Bonni Koswara menambahkan, di tempat tersebut calon yang mengalami depresi akan dilakukan penanganan kejiwaan dengan bimbingan konseling.

“Tapi sampai sekarang belum ada laporan,” ujar dia.

Editor : Jhon