KOTA CIREBON (CU)– Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Cirebon mengintensifkan pemeliharaan jalan di sejumlah titik di Kota Cirebon.

“Kami terus intensifkan pemeliharaan jalan. Pemeliharaan jalan ini dilakukan antara lain dengan cara melakukan tambal sulam lubang-lubang jalan yang tidak terlalu dalam,” ujar Kepala Dinas PUPR Kota Cirebon, Syaroni Kamis (10/6/2021)

Diakuinya, jalan di Kota Cirebon yang membutuhkan perbaikan cukup banyak, di antaranya wilayah selatan Cirebon atau masuk ke Kelurahan Argasunya”. Jalan Pramuka, Sumurwuni, Cibogo, termasuk juga di dalam kota ada yang butuh perbaikan. Wilayah selatan itu kerusakannya hanya bisa diperbaiki melalui perbaikan jalan yang menyeluruh,” ujarnya.

Menurutnya, adanya penyesuaian anggaran di Dinas PUPR sendiri pada 2021 ini mencapai Rp18,7 miliar, yaitu penyesuaian pertama mencapai Rp 11,9 miliar dan penyesuaian yang kedua mencapai Rp 6,8 miliar. “Hal ini membuat kegiatan perbaikan jalan tertunda. Meski anggaran untuk pemeliharaan jalan tidak terlalu signifikan, namun kami upayakan titik-titik yang sering dilintasi masyarakat untuk ditambal,” tuturnya.

Titik-titik ini antara lain di Jalan Cangkring Kecamatan Kejaksan, Jalan Sutomo Kecamatan Kejaksan, juga di Jalan Pronggol Kecamatan Lemahwungkuk. “Tim kami keliling untuk menambal lubang-lubang itu. Kami harapkan masyarakat bisa memahami persoalan ini,” katanya.

Sementara itu, salah satu titik yang dilakukan pemeliharaan oleh Dinas PUPR adalah jalan Pronggol, tepatnya di jembatan dekat kantor Kecamatan Lemahwungkuk.

Ketua Forum Masyarakat Pegambiran, Ratno Supriyatno mengatakan, perlunya jalan tersebut diperbaiki agar meminimalisir kejadian kecelakaan dan membuatt nyaman pengguna jalan. “Akhirnya kami usulkan dan koordinasi dengan pihak kelurahan dan kecamatan untuk membuat surat ke Dinas PUPR dan kemarin sudah mulai diperbaiki,” kata Ratno.

Pria yang akrab disapa Nano ini menambahkan, Forum Masyarakat Pegambiran saat itu meminta Dinas PUPR Kota Cirebon untuk menjadikan jalan rusak ini menjadi skala prioritas. “Apalagi di sini banyak dilintasi mobil yang ukurannya besar,” katanya.

Editor : Jhon