KABUPATEN CIREBON (CU) – Wacana pembangunan Unit Sekolah Baru (USB) di Kecamatan Plumbon. Pemerintah Desa Cempaka sangat mendukung, apalagi pembangunan USB untuk tingkat sekolah menengah pertama negeri (SMPN) berada di wilayahnya.

“Selaku pemerintah desa, saya sangat mendukung dengan adanya pembangunan SMPN 3 Plumbon. Namun, untuk mendirikan SMP tersebut perlu adanya mekanisme dan kebijakan-kebijakan yang harus ditempuh, baik tingkat desa, pemerintah daerah, provinsi dan pusat.” ujar Kuwu Desa Cempaka, Kecamatan Plumbon, Kabupaten Cirebon, Adam saat dikonfirmasi, Senin (7/6/2021)

Dikatakan Adam, kendala pembangunan tentang lahan secara teknisnya belum jelas, sedangkan lokasi untuk pembangunan SMPN tersebut pihak desa berencana mengusulkan tanah desa yang berada di jalan Ki Gede Mayaguna, Desa Cempaka, Kecamatan Plumbon, Kabupaten Cirebon.

Ditambahkan Adam, pihaknya masih minim kaitan dengan persyaratan-persyaratan apa saja untuk ke dinas pendidikan seperti apa. Akan tetapi, secara teknis sudah menyampaikan ke dinas pendidikan kabupaten Cirebon. “Apa saja yang harus disiapkan, kami belum tahu. Kabarnya beberapa waktu lalu Kementrian Pendidikan akan tinjau ke lokasi. Tapi kami tunggu tidak kunjung datang juga,” ujarnya.

Adam berharap, pembangunan USB SMPN 3 Plumbon bisa segera direalisasikan, karena dengan adanya USB ini untuk program permasalahan yang dialami oleh masyarakat Desa Cempaka dan sekitarnya setiap tahunnya terpecahkan. “Masalahnya karena zonasi, problem yang ada di masyarakat Cempaka dan sekitarnya kan tidak masuk ke sana dan ke sini. Mudah-mudahan penerimaan murid baru bisa tahun 2021. Target pembangunan semoga bisa secepatnya, di tahun 2022 sudah dapat berdiri, kata Adam.

Editor : Jhon