KABUPATEN CIREBON (CU) – Sunadi pria asal desa Cirebon Girang, Kecamatan Talun, Kabupaten Cirebon ternyata sudah menciptakan banyak teropong, bahkan teropong hasil ciptaannya ini sudah banyak yang membeli bahkan sudah seluruh Indonesia.

“Saya seneng di dunia astronomi ini sebenarnya sejak SD, yg mana dulu waktu kecil suka sekali membakar kertas dengan menggunakan lensa,” tuturnya saat dihubungi, Jumat (4/6/2021)

Dikatakan Sunadi, hobi yang dia geluti ini rupanya sampai ke jenjang SMK, dimana pada saat kelas 1 SMK dirinya sudah menciptakan teropong dengan bahan pipa dan menggunakan lensa seadanya.

“Baru tahun 2016 saya mulai menciptakan teropong dengan lensa dari bekas fotocopy, dan pada tahun 2018 saya mulai berkreasi dengan menggunakan lensa impor,” katanya.

Sunadi mengaku hasil karyanya ini sudah dinikmati oleh pecinta dunia astronomi di seluruh Indonesia dan ini menjadi kebanggan dirinya kalau hasil ciptaanya bisa dinikmati oleh orang lain.

“Kalau jumlah, mungkin sudah tidak terhitung, yang jelas banyak orang dari dalam dan luar kota, bahkan luar pulau Jawa yang pesen teropong saya,” tandasnya.

Disinggung mengenai undangan dari Dedi Mulyadi, Sunadi mengaku senang, dan tidak menyangka bisa bertemu orang hebat seperti Dedi Mulyadi.

“Kemarin itu pak kuwu kerumah, ngajak saya jalan-jalan ke Subang, cuma gak ngasih tau kalau mau ketemu pak Dedi Mulyadi, pas nyampe rumah pak Dedi saya baru sadar kalau beliau mantan Bupati dan sekarang jadi anggota DPR-RI,” terangnya.

Dedi Mulyadi sendiri ditambah Sunadi memesan teropong hasil karya nya ini, namun untuk jenisnya masih belum dipastikan.

“Pak Dedi sih pesen nya yang paling besar, biar puas lihat bintang-bintang nya,” tutupnya.

Editor : Jhon