Ini kriteria pemimpin Indonesia menurut tokoh Cirebon

KABUPATEN CIREBON (CU)- Sunoto salah satu tokoh masyarakat Cirebon, menilai ada beberapa kriteria untuk menjadi pemimpin nasional, salah satunya adalah pemimpin nasional harus memiliki landasan agama yang kuat.

Hal ini di ungkapkan Sunoto, saat hadir sebagai salah satu pembicara dalam orasi kebangsaan yang dilaksanakan di Hotel Patra jasa, Kedawung, Cirebon, Selasa (1/6/2021).

“Selain memiliki landasan agama yang kuat, pemimpin juga harus memiliki ilmu yang mumpuni, dalam memimpin, karena Indonesia bukan negara kecil, tapi negara besar yang penuh dengan beragam adat istiadat, suku dan lainnya,” katanya.

Sunoto juga mengatakan, calon pemimpin nasional juga harus sudah selesai terkait permasalahan rumah tangganya, ini agar pemimpin lebih fokus untuk mengurus negara.

“Pemimpin juga tidak cacat lahir batin, dan juga harus komunikafi serta memiliki wawasan internasional yang baik, sehingga Indonesia kedepan bisa lebih baik lagi,” tandasnya.

Disinggung sosok Ganjar Pranowo, Sunoto enggan untuk mengomentari politikus PDI Perjuangan tersebut, dirinya menyerahkan sepenuhnya kepada masyarakat Indonesia untuk memilih pemimpinnya.

“Mohon maaf saya tidak mau mengomentari orang per orang, biarkan nanti masyarakat yang akan menentukan pemimpinnya,” tambahnya.

Editor : Jhon